Senin, 07 Januari 2013

Hadits-Hadits Rasulullah saw. Tentang Pentingnya Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

Hadits Ke-2:

Dari Nu'man bin Basyir r.a., Nabi saw. bersabda, "Perumpamaan seseorang yang berada dalam batasan Allah dan orang yang melanggar batasan-Nya adalah seperti dua kelompok manusia yang naik sebuah kapal. Sebagian mereka duduk di bagian atas, dan yang lain di bagian bawah. Jika orang-orang yang di bawah memerlukan air, mereka harus melewati orang-orang yang ada di bagian atas. Lalu orang-orang yang di bagian bawah itu berkata, "Seandainya kita lubangi saja bagian bawah perahu ini tentu kita tidak akan menyusahkan orang-orang yang di atas!" Apabila orang-orang yang di bagian atas membiarkan mereka, maka semuanya akan celaka. Dan jika mereka yang bagian atas mencegah mereka, maka semuanya akan selamat." (Bukhari, Tirmidzi).
Pernah para sahabat Nabi saw. bertanya, "Ya Rasulullah, apakah kami akan dibinasakan walaupun di antara kami ada orang-orang shalih dan bertakwa?" Nabi saw. menjawab, "Ya, jika kejahatan telah merajalela."
Dewasa ini, umat Islam dilanda kemerosotan dari segala segi. Dan mereka yang mempedulikan Islam banyak yang mengkhawatirkannya, lalu berusaha dengan berbagai cara untuk memperbaiki keadaan ini. Namun, jangankan para cendekiawan, para ulama pun tidak mau memperhatikan bagaimana dokter yang sebenarnya dan penuntun yang sangat menyayangi kita (Nabi saw.) memberitahukan diagnosa bagi penyakit umat tersebut dan apa obatnya. Sejauh manakah kita telah mengamalkannya? Adakah kezhaliman yang melebihi perkara ini: yaitu ketika sumber penyakit malah kita anggap sebagai obat penyembuh. Karena kita tidak memahami penyebabnya (kemajuan dan sebab-sebab kemajuan agama tidak diperhatikan, hanya mengandalkan pendapat masing-masing), maka jika yang kemarin sakit, hari ini tidak mati, apakah yang akan terjadi kelak?
Sebuah syair Urdu menyebutkan:
"Tuan, betapa polosnya engkau, engkau sakit, dan engkau beli  penyebab penyakit itu dari penjual minyak wangi sebagai obat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar